Monday, February 28, 2011

Error Sewaktu Mengakses Website

Posted by Naganiel On 2:10 PM 0 komentar

Ketika kita mengunjungi suatu situs/website, kadang kita melihat tampilan error yang membuat kita tidak dapat mengakses situs tersebut. Memang hal ini sepele, tapi banyak dari antara kita yang tidak tau kenapa muncul tampilan tersebut dan bagaimana cara memperbaikinya. Contoh yang paling sering kita temui adalah ketika login ke facebook, kadang muncul tampilan seperti berikut ini:

Tampilan error Mozilla Firefox
Tampilan error Google Chrome
Jika muncul tampilan seperti tampilan diatas, ini disebabkan oleh settingan waktu pada komputer kita tidak sesuai (asyncrone) dengan settingan waktu yang sebenarnya. Kesalahan settingan waktu komputer kita ini mungkin disebabkan adanya pihak yang mengutak-atik settingan waktu komputer kita tersebut, atau dapat juga disebabkan karena rusaknya baterai CMOS pada komputer kita. Jika kita mensetting waktu di komputer kita dengan settingan waktu yang sudah benar, tetapi setelah komputer restart settingan waktu komputer kita salah lagi, itu artinya baterai CMOS yang ada di motherboard sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru. Untuk mensetting waktu komputer dapat dilakukan dengan cara melakukan double click pada jam komputer kita yang berada di sudut kanan bawah tampilan desktop.


Setelah muncul tampilan settingan waktu komputer anda, cocokkanlah tanggal, bulan, tahun, jam dan timezone dari komputer anda tersebut. Khusus untuk timezone, pilihlah timezone Jakarta. Dengan demikian tampilan error tersebut tidak akan muncul dan anda dapat browsing dengan bebas :D

0 komentar:

Post a Comment