Saturday, February 26, 2011

Membuat Account e-mail di Yahoo

Posted by Naganiel On 5:07 PM 2 komentar

Untuk dapat mengirim surat elektronik (e-mail), kita harus memiliki account disalah satu situs penyedia layanan email (contoh penyedia email gratis : Yahoo, Gmail, Eudoramail, Hotmail, dll). Kali ini akan dibahas cara membuat account e-mail di www.yahoo.com. Pertama-tama buka software browser anda (cth: mozilla firefox, opera, google chrome, dll) dan ketikkan www.mail.yahoo.com pada address bar. Setelah kita enter, maka akan muncul seperti gambar berikut, dan pilihlah “Create New Account”.


Setelah tombol “Create New Account” kita click, maka kita akan diminta mengisi formulir. Isilah formulir data-data tersebut mulai dari atas sampai bawah :D. Pertama kita akan diminta mengisi nama (nama depan dan tengah), gender (jenis kelamin), tanggal lahir, dan negara. Tahap kedua adalah membuat ID (pengenal) account e-mail kita nantinya, dan kemudian diikuti pengisian password. Isi dari kolom "password" dan "Re-Type Password" harus sama (memberi password usahakan lebih dari 6 character dan penggabungan angka dan huruf). Isian selanjutnya adalah data yang berguna jika suatu saat kita lupa password e-mail yang kita punya. Untuk alternate Email bersifat "optional" artinya boleh diisi, boleh juga dikosongkan. Kemudian pilih pertanyaan rahasia dan diikuti jawaban anda (jawabannya terserah anda). Terakhir adalah pengisian code Captcha, ketiklah kode tersebut di kolom yg sudah disediakan.


Jika semua sudah terisi, click lah tombol "Create My Account" sampai muncul tampilan seperti berikut ini. Jika tampilan berikut belum muncul atau masih tetap di tampilan pengisian formulir, itu artinya ada kesalahan (biasanya pengetikan code Captcha). Jika ada kesalahan, biasanya password akan direset. Maka ketik ulanglah lah password anda terlebih dahulu (kotak "password" dan "Re-Type Password") setelah itu perbaiki kesalahan yang ada. Jika pendaftaran sukses, maka akan muncul tampilan berikut:


Catatlah semua informasi yang ada pada kolom sebelah kiri yaitu kolom "Account Details" dan setelah itu tinggal click tombol "Continue" untuk melanjutkan atau untuk masuk ke account e-mail yang baru saja kita bentuk. Tampilan berikutnya akan terlihat seperti tampilan berikut


Inbox dapat distilahkan sebagai kotak surat masuk. Jika ada e-mail yang masuk, maka akan kita temui di bagian ini. Drafts adalah tempat format e-mail atau e-mail yang belum selesai kita rancang. Sent adalah tempat informasi e-mail yang kita kirim. Spam tempat e-mail masuk yang dideteksi yahoo sebagai Spam. Trash tempat penampungan sementara e-mail yang kita hapus. Sedangkan untuk membuat e-mail baru, cukup kita click tombol New. Jika kita click tombol new, tampilan yg muncul adalah seperti berikut ini:


Ketikkanlah e-mail penerima pada kotak "To:". "Cc" adalah singkatan dari "Carbon Copy" atau di istilahkan sebagai tembusan e-mail (kosongkan jika tidak diperlukan). "Subject" adalah judul dari surat yang ingin kita kirim yang mewakili isi e-mail kita. Lalu ketikkanlah isi surat kita pada kolom dibawah "Subject". Jika ingin menambahkan file (cth: gambar, musik, video, dll) clicklah tombol "Attach", dan silahkan pilih file (upload) dari komputer anda. Jika sudah beres, tinggal click tombol "Send" untuk mengirim. Jangan lupa untuk keluar dari account e-mail dengan melakukan click pada tulisan "Sign Out". Semoga bermanfaat bagi para pemula

2 komentar:

nanya dong sob....ngerti cara membuat banyak email yahoo dari 1 account ngga yach...kalau ngerti di sharing dong..

Maksudnya buat anak ID ya ? yang saya tau membuat anak ID. artinya kita buat dulu satu account yahoo, kemudian kita create beberapa anak ID hasil turunan ID master yang tadi. Biasanya digunakan untuk bertahan dari serangan boot di yahoo messenger.

Post a Comment