Monday, October 29, 2012

Yahoo Messenger

Posted by Naganiel On 1:53 PM 6 komentar

Yahoo Messenger merupakan salah satu aplikasi chating milik Yahoo. Dengan menggunakan aplikasi Yahoo Messenger ini kita bisa melakukan chat teks, suara, maupun gambar/video dengan orang-orang diseluruh negara. Layanan Yahoo Messenger sudah beroperasi sejak tanggal 13 Juli 2006 (sumber: Wikipedia). Syarat untuk bisa menggunakan Yahoo Messenger adalah komputer anda harus terhubung dengan internet dan anda harus memiliki akun e-mail di Yahoo. Untuk dapat menggunakan fasilitas chat teks, suara, dan video secara maksimal, ada baiknya lengkapi komputer anda dengan speaker, microphone, dan webcam (untuk notebook dan sejenisnya, biasanya semuanya sudah tersedia).


Untuk mendapatkan aplikasi Yahoo Messenger, silahkan search dari google dan download aplikasinya. Yahoo Messenger bersifat gratis sehingga bisa digunakan dan disebar luaskan secara bebas. Setelah aplikasi Yahoo Messenger tersebut anda download, silahkan instal ke komputer anda. Setelah Yahoo Messenger terinstal di komputer, Silahkan jalankan aplikasinya melalui START menu, atau shortcut di desktop. Tampilan awal yang akan anda lihat adalah seperti gambar berikut ini


Pada kotak yang tersedia silahkan isikan Yahoo ID dan password anda. Untuk kotak pilihan "Remember my ID & Password" sebaiknya tidak usah ditandai (hilangkan saja checklist nya). Setelah Yahoo ID dan password dimasukkan, tekanlah enter atau click tombol "Sign in". Tunggulah sampai Yahoo Messenger anda terhubung (jika gagal, ulangi kembali). Setelah proses login berhasil, anda tinggal menambahkan "friend list" atau "contact". Untuk menambahkan "contact", silahkan click menu "Contacts" lalu pilih "Add Contacts". Tinggal masukkan Yahoo ID teman anda, dan tunggu konfirmasi persetujuan dari teman anda tersebut. Jika anda sudah memiliki Contact list, tinggal pilih siapa saja yang online untuk diajak chat.. Jika icon nya warna kuning, itu tandanya teman anda tersebut sedang online.

Untuk chating di sautu room, silahkan pilih menu "Messenger" - "Yahoo! Chat" - "Join Room", maka akan muncul pilihan "Room Kategory". Untuk Chating di room Indonesia, silahkan click tanda tambah disamping "Regional" lalu pilih "Indonesia". Disamping kanan akan muncul Yahoo! Room Indonesia dan silahkan click kembali tanda tambah salah satu nama Yahoo! Room tersebut untuk memunculkan sub list Room nya. Pilih salah satu nama Room nya, lalu click tombol "Go to Room". 


Pada contoh gambar diatas admin memilih room "Bali(1), dan setelah di click tombol "Go to Room" maka akan muncul gambar proses koneksi ke room tersebut dan pilih "Connect" (hanya untuk pertamanya saja). Setelah itu akan muncul kotak verifikasi menandakan anda manusia (bukan bot). Masukkan code "Captcha" tersebut di kotak yang tersedia dengan benar, dan akhir dengan mengclick tombol "Submit".


Jika proses submit code tersebut berhasil, anda siap untuk chating bersama orang-orang yang tergabung di room tersebut. Sekedar info, jumlah maksimum suatu room di Yahoo! Room dibatasi hanya 50 orang. Silahkan chating dengan berbagai fasilitasYahoo Messenger ini. Dari menu "Actions" anda dapat memilih berbagai layanan yang disediakan seperti pesan instan, video call, voice call, Call Phone Number, Send SMS Message, mengirim file, share photo, dll.  Selamat mencoba...

6 komentar:

saya juga pake YM bang,, hehe

bang mohon komentarnya donk buat kompetesi
http://www.coretan-sianakrantau.blogspot.com/2012/11/bahayanya-hiv-aids-pada-kaum-muda.html

Makasih

Artikel yg bermangaat.

Follow back blog ane ya sob.

Salam sukses selalu...

Post a Comment