Saturday, February 9, 2013

Mengetahui NISN Secara Online

Posted by Naganiel On 9:42 AM 4 komentar

NISN adalah singkatan dari Nomor Indus Siswa Nasional. Nomor induk ini bersifat unik dan bersifat nasional, sehingga tidak ada Nomor Induk Siswa yang ganda. Antara siswa yang satu dengan yang lainnya memiliki nomor induk yang berbeda-beda. NISN adalah salah satu program "Data Pokok Pendidikan" (DAPODIK) oleh Kementerian Pendidikan Nasional. 



NISN bersifat nasional dan disimpan dan dikelola dalam satu database oleh Pusat Data dan Statistik. Karena bersifat nasional dan disimpan dalam satu server secara online, maka NISN dapat anda ketahui dengan mudah melalui jaringan internet. Persoalannya adalah masih banyak masyarakat (termasuk siswa, guru, orang tua) yang belum mengetahui cara mendapatkan atau mengetahui NISN secara online.

Keadaan kekurang tahuan masyarakat untuk mendapatkan NISN ini sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mengambil keuntungan ketika siswa membutuhkan NISN untuk keperluan administrasi pendidikannya. Keadaan ini sering didapatkan di lingkungan sekolah dasar (SD). Berbagai sekolah  ditingkat dasar sering melakukan kutipan bagi siswa/i yang ingin mengetahui NISN miliknya dengan membuat alasan pencetakan kartu NISN nya.

Agar tidak terjadi pembodohan seperti yang admin tuliskan diatas, maka ada baiknya masyarakat (terutama siswa/i dan orang tua) mengetahui bagaimana cara mendapatkan NISN nya secara online. Caranya sangat mudah dan simpel, silahkan kunjungi situs Kemdiknas yang menyediakan layanan NISN di http://nisn.data.kemdiknas.go.id. Untuk melakukan pencarian NISN, silahkan pilih menu "Data Siswa" pada situs tersebut atau langsung saja kunjungi di alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data. Tampilan yang muncul akan anda jumpai seperti pada gambar berikut:



Pencarian NISN nantinya dapat anda lakukan dengan dua pilihan, yaitu pencarian berdasarkan NISN dan pencarian berdasarkan nama siswa. Jika anda ingin mengetahui nama siswa berdasarkan nomor NISN, maka anda dapat menggunakan pilihan pertama. Tetapi jika anda ingin mengetahui NISN berdasarkan  nama siswa, maka pilihlah pilihan kedua. Pada pilihan pencarian NISN berdasarkan nama, anda akan diminta memasukkan data "Nama", "Tempat Lahir", dan "Tanggal Lahir".


Melalui artikel ini admin berharap semoga siswa/i tidak perlu lagi repot-repot ke sekolah asalnya hanya untuk mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional nya. Semoga juga tidak terjadi lagi pembodohan-pembodohan dalam hal NISN seperti yang terjadi selama ini. Semoga bermanfaat.

4 komentar:

Tentunya akan sangat membantu hal ini bagi para siswa sobat

nice info bang, oh ya bang itu Link Blog's immanuel udah ganti situs ganti dgn ini http://coretan-sianakrantau.blogspot.com/2011/12/link-exchange-tukar-link-kali-ini-saya.html

mohon diganti ya bg

waah thanks infoonya yaa jadi lebih simple ga ribet he

bisa juga ya ternyata.. thanks infonya bang

Post a Comment