Thursday, February 28, 2013

Mengubah Ukuran Foto Secara Massal

Posted by Naganiel On 11:51 PM 1 komentar

Ketika kita mengabadikan suatu momen menjadi sebuah foto menggunakan camera handphone atau camera digital, sering kali kita mengabaikan settingan resolusi ukuran gambar tanpa mengubah settingan standar atau bawaan dari camera tersebut. Foto dengan resolusi yang besar akan mengakibatkan size dari file tersebut juga menjadi besar. Foto-foto yang kita abadikan dan tersimpan dalam kartu memory tersebut biasanya kita pindahkan ke komputer maupun kita upload ke situs-situs tertentu untuk dijadikan kenangan. Problem sering ditemui ketika kita ingin memperkecil resolusi gambar tersebut dengan harapan size juga menjadi lebih kecil. Ukuran file gambar yang kecil akan mempermudah proses upload nantinya ke internet.



Jika ratusan foto tersebut kita ubah resolusinya satu persatu tentu akan melelahkan dan memakan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini admin akan memberikan salah satu software sebagai alternatif yang bisa anda gunakan untuk mengubah ukuran foto secara massal hanya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Software yang admin rekomendasikan kali ini bernama FOTOSIZER yang dapat anda download secara gratis pada websitenya di http://www.fotosizer.com/.

Software Fotosizer sangat simpel dan gampang digunakan. Setelah file setup Fotosizer anda download, silahkan instal ke komputer anda. Setelah terinstal, jalankanlah aplikasi ini. Pada tampilan atarmuka Fotoziser silahkan pilih pilihan "Add Folder" atau "Add Image". Pilihan "Add Folder" lebih tepat digunakan jika ingin mengubah ukuran foto dalam jumlah banyak yang tersimpan dalam satu folder. Setelah foto-foto tersebut anda add, silahkan lihat beberapa pilihan yang terdapat disebelah kanan.

Untuk mengubah resolusi foto, anda bisa memilih perubahan ukuran dengan pengubahan dalam bentuk persen atau pixel. Lalu tentukan lokasi penyimpanan hasil perubahan foto pada kotak "Destination Folder". Langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah menekan tombol "Start" dan tunggu prosesnya sampai selesai. Pemberian beberapa efek atau merotasi/memutar gambar dapat juga anda lakukan pada aplikasi ini dari pilihan "Optional Setting". Selamat mencoba !!!

1 komentar:

ukuran gambar masih tetap sama tidak ada perubahan ukuran Kb nya mohn pencrahannya terimkasih

Post a Comment