Friday, April 8, 2011

Mempersingkat URL

Posted by Naganiel On 12:02 AM 10 komentar

Apakah kegunaan sebuah URL dipersingkat? Tentu ada manfaatnya dengan berbagai alasan, misalnya agar URL kita gampang di ingat. Contoh lainnya adalah untuk menyembunyikan link aslinya. Link yang berbentuk multi level marketing atau link yang berfungsi untuk add refferal, biasanya pengunjung hanya akan mengcopy situs aslinya (tanpa ikut mengcopy ID kita yang terdapat dibagian akhir URL tersebut) sehingga kesempatan kita untuk mendapatkan refferal menjadi hilang. Dengan dipersingkatnya URL, maka link tersebut akan lebih utuh. Manfaat lainnya dapat kita gunakan untuk mempromosikan URL yang panjang di chatbox suatu blog. Chatbox yang sering digunakan disuatu blog misalnya "Shoutmix" dan "Cbox" dimana kedua chatbox ini membatasi panjang URL pada kotak URL yang sudah disediakan. Beberapa situs penyedia jasa untuk mempersingkat (memperpendek) URL adalah tinyurl.com, bit.ly, adf.ly, to.ly, dan masih banyak lagi. Silahkan submit URL anda pada salah satu situs tersebut, sehingga URL anda yang cukup panjang akan dipersingkat yang diawali dengan nama situs tersebut. Bagi saya nama-nama situs penyedia jasa untuk mempersingkat URL tersebut sudah familiar dan sudah sering menggunakannya. Barulah tadi pagi admin ketahui setelah login ke account cbox, ternyata google sudah ada menyediakan fasilitas untuk mempersingkat URL (Admin ketinggalan info nih, hahahaha...). Fasilitas ini dinamakan "URL Shortener" dan kabarnya sudah disediakan google sejak Desember 2010 silam. Google mengklaim bahwa URL Shortener ini menawarkan stabilitas, keamanan, dan kecepatan. Fasilitas ini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi spam otomatis. Anda cukup mengakses http://goo.gl/ dan memasukkan URL anda tersebut di kotak yang telah disediakan. Akhiri dengan menekan tombol "Shorten". Tampilan layanan "URL Shortener" ini adalah seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Tampilan goo.gl

Jadi bagi anda yg suka menggunakan fasilitas google (biasanya segala sesuatu yang berhubungan dengan google, selalu menarik untuk digunakan hehehehe...), silahkan akses link goo.gl diatas dan persingkat URL anda untuk dipergunakan sesuai kebutuhan. Link yang sudah dipersingkat dapat anda setting masa berlakunya (2 jam, satu hari, satu minggu, satu bulan, atau selamanya).

10 komentar:

Tips yang sangat bermanfaat sob.., bisa dicoba ni,
Thanks sudah berkunjung ke blog saya.

oke bro... thx organikaceh... Lain kali mampir ya :D

sama gan....berkunjungi juga...wkwkwk

Mantabs deh triknya...
saya juga pernah nyoba....

Terimakasih banyak atas triknya...

Salam kenal..

@Batu Tarigan: ok pal.. ulang kam segan segan kujeh :D

@Teras Info: Oke bro.. salam kenal kembali

bisa buat nyari dollar juga lhoh, heheee

@Ladida Cafe: ah yang benar? caranya gimana ? :D

infonya bermanfaat nih, terima kasih yee :)

@a'bang 3: terimakasih sobat
@deny_a|link konten: sama-sama sob, kembali kasih

Post a Comment