Thursday, June 16, 2011

Tutorial Singkat Perangkat Lunak Antivirus

Posted by Naganiel On 12:35 AM 10 komentar

Sistem komputer terdiri dari tiga komponen utama yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (manusia yang mengoperasikannya). Ketiga komponen tersebut mempunyai hubungan yang tidak terpisahkan. Sebuah komputer tidak akan berfungsi jika salah satu komponen tersebut tidak terpenuhi. Untuk perangkat lunak komputer, sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mutlak harus tersedia (misalnya DOS, Windows, Linux, Unix, dll). Selain sistem operasi, perangkat lunak lainnya yang tak kalah penting adalah antivirus. Antivirus berguna untuk mencegah komputer terinfeksi oleh virus (virus komputer tentunya) yang dapat menyebar melalui internet, flash disk, kartu memory, CD/DVD, dll. Perangkat lunak antivirus ada yang bersifat gratis (free) dan ada yang mempunyai lisensi (berbayar). Beberapa contoh antivirus berbayar adalah Norton, McAfee, Kaspersky, dll. Sedangkan beberapa contoh antivirus gratis misalnya AVG Free, Avira, Avast, dan lain sebagainya. Contoh tersebut adalah antivirus produk luar negri, sedangkan untuk produk dalam negri (lokal) misalnya SmadAV, ARTAV, PCMAV dimana semuanya bersifat gratis.
Lalu pertanyaan yang sering muncul adalah, "Antivirus apa yang paling bagus untuk dipasang pada suatu komputer?". Menurut admin semua antivirus tersebut adalah bagus, yang terpenting adalah kita jangan sampai lupa melakukan update secara berkala. Memilih antivirus hanya masalah kecocokan selera dan kebiasaan menggunakannya. Disamping itu, memilih antivirus harus kita sesuaikan dengan keadaan (spesifikasi) komputer kita. Avira antivirus jelas lebih ringan programnya dibandingkan McAfee, jadi jangan coba-coba menginstal McAfee pada komputer yang spesifikasinya rendah (misalnya komputer dengan processor generasi pentium 4 dan memory dibawah 512 Gb). Pertanyaan berikutnya adalah "Mana yang lebih bagus antivirus produk luar atau lokal? Jawaban admin pribadi adalah antivirus luar. Mengapa demikian? Karena database antivirus produk luar lebih kaya (lebih banyak) dari pada antivirus lokal. Lalu mengapa antivirus lokal lebih cepat mengenali virus lokal dibandingkan antivirus produk dari luar? Produsen antivirus lokal memang lebih konsentrasi (fokus) untuk menangani virus-virus yang diciptakan oleh anak negri (made in Indonesia). Antivirus produk luar terlambat mendeteksi virus buatan anak negri disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena tidak adanya perwakilan mereka di dalam negri untuk memantau perkembangan virus. Faktor lain adalah karena tidak ada yang melaporkan atau mengirim sampel virus yang menyebar didalam negri ke pihak produsen antivirus produk luar. Lain halnya jika suatu virus lokal mempunyai dampak global (penyebarannya sampai ke luar negri), tentu respon produsen antivirus produk luar akan cepat menanggapinya.
Antara antivirus luar dengan lokal tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Antivirus produk lokal memiliki kelebihan yaitu lebih peka terhadap virus lokal. Biasanya antivirus lokal akan membasmi virus lokal sampai ke akar-akarnya (Karena memang dirancang untuk lebih fokus menangani virus lokal). Kekurangan antivirus lokal adalah kurang mumpuni untuk mendeteksi virus dari luar negri karena keterbatasan databasenya. Sedangkan untuk antivirus produk luar adalah kebalikannya. Suatu antivirus bekerja dengan cara melakukan scan terhadap file-file, kemudian mencocokkannya dengan databasenya. Database antivirus sendiri berisi data tentang nama-nama virus dan ciri-ciri virus. Jadi jika suatu antivirus diupdate, maka secara umum yang diperbaharui adalah databasenya.
Saran dari admin sendiri gunakanlah antivirus produk dari luar sebagai antivirus utama, sedangkan antivirus lokal gunakan sebagai pelengkap. Bagi pemula, jangan coba-coba menginstal atau mengaktifkan dua buah antivirus disuatu komputer, karena hal ini akan mengakibatkan konflik pada sistem komputer kita. Antivirus yang konflik akan mengakibatkan komputer anda bermasalah. Jika ingin menggandeng dua antivirus dalam satu komputer, tanyakanlah terlebih dahulu kepada ahli dalam hal ini (bisa menanyakan langsung kepada pihak pengembang/vendor antivirus tersebut). Berikut ini admin berikan beberapa link antivirus yang dapat anda download secara gratis untuk windows:
Jika ada pilihan antivirus 32-bit dan 64-bit, silahkan anda baca artikel tentang "Tutorial Singkat Windows 32-bit dan 64-bit" agar anda jangan salah pilih nantinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, thx.

10 komentar:

Hi, Thanks for supporting me..i also supporting have a nice day best wishes from Spain

Thx for your support Raul... :)

kalo saya seh smadav pastinya untuk virus lokal
untuk yang luar saya malah suka makek northon

Kalau ane kurang suka dengan smadav, soalnya smadav meninggalkan file folder yang tidak bisa dihapus :( harus diformat supaya bisa didelete. Kalau AV luar, ane selalu pakai AVG :) dan sudah 2 tahun komputer ane selalu aman selalu. Norton juga bagus, tapi ane tak punya duit beli lisensinya (perasaan suka pakai Original hahahah). Norton sekarang programnya sudah ringan, tidak seberat doloe

saya guna antivirus Nod32.. ringan

waah, langsung download semua ah
:D

thank ulasan lengkapnya sob,bisa membantu dalam mempertimbangkan pemilihan antivirus

@Shah Rizar: ohhh... NOD32 Ringan juga ya ? boleh dicoba tuh :) ane blm pernah makenya, katanya kurang dianjurkan bagi pemula. thx infonya :D

@Penghuni 60: Silahkan mas bro.. asalkan koneksi internetnya tidak seperti punya ane yg sering down hahahaha

@pulsa elektrik: sama² mas bro.. ane senang kalau artikel ane bisa membantu :)

wah, sip sipp, kalo saya pake kaspersky kalo update nya belum keisi saya pake smadav :)

@Ladida: Apapun Antivirusnya, minumnya teh botol sosro.. hahahha... thx sudah berkunjung dan comment mas bro

Post a Comment